Psikoterapi mengapa itu perlu dilakukan dan apa saja jenisnya?

Psikoterapi Mengapa Diperlukan dan Apa Saja Jenisnya?

Istilah psikoterapi mungkin bagi sebagian orang terdengar asing. Istilah psikoterapi dikenal sebagai suatu cara untuk mengobati masalah- masalah kesehatan mental. Psikoterapi dilakukan dengan didampingi psikiater, psikolog, ataupun jasa penyedia kesehatan mental lainnya. Psikoterapi memungkinkan Anda untuk belajar bagaimana kondisi Anda mulai dari suasana hati, perasaan, pikiran, dan perilaku. Dengan melakukan psikoterapi, Anda juga dapat belajar kembali tentang bagaimana cara mengendalikan hidup Anda dan bagaimana pula cara menanggapi situasi yang menantang.

Mengapa melakukan psikoterapi?

Psikoterapi perlu dilakukan untuk membantu mengobati beberapa masalah kesehatan mental yang sangat mengganggu kehidupan Anda. Beberapa masalah kesehatan yang mental yang bisa diatasi dengan melakukan psikoterapi antara lain:

  • Gangguan suasana hati yaitu suatu gangguan berkaitan dengan suasana hati yang bisa menimbulkan depresi ataupun gangguan bipolar
  • Kecanduan yaitu suatu gangguan kesehatan mental dimana seseorang ingin selalu melakukan  hal tersebut seperti mengonsumsi obat- obatan, alkohol, merokok, ataupun judi.
  • Gangguan kepribadian yaitu suatu gangguan saat seseorang merasa punya kepribadian yang berbeda dengan orang lain.
  • Gangguan kecemasan yaitu salah satu gangguan yang disebabkan oleh rasa khawatir akan sesuatu yang bisanya terjadi karena mengalami kejadian traumati. Gangguan kecemasan juga termasuk fobia, gangguan panik, gangguan obsesif- komplusif, dan gangguan stress setelah mengalami trauma.

Bagaimana jika sudah melakukan psikoterapi namun tidak berhasil?

Perlu diketahui bahwa psikoterapi tidak bisa langsung berhasil mengatasi masalah kesehatan mental. Diperlukan banyak waktu tergantung tingkat gejala yang dialami seseorang.

Apabila gejala masih terbilang tidak berat maka bisa jadi psikoterapi berhasil dalam waktu yang singkat. Namun apabila gejalanya berat dan seseorang yang mendapatkan psikoterapi masih saja tidak menerima kenyataan hidup dan selalu mengalami keputus asaan maka hal ini cukup sulit. Tipe orang yang seperti ini bahkan akan mengalami tingkat frustasi yang lebih tinggi. Alasannya karena mereka menganggap bahwa melakukan psikoterapis percuma yang pada akhirnya mereka kembali ke jalan yang salah. Jalan tersebut tentu akan membuat kesehatan mental kembali memburuk.

Tahukah Anda bahwa alasan tersebut salah. Mungkin saja Anda belum menemukan terapis yang tepat jadi ada baiknya untuk tetap mencari bantuan terapis lainnya sampai Anda bisa meningkatkan kesehatan mental. Sebab melakukan psikoterpi dapat membuat Anda mengetahui diagnosis yang diberikan terapis mengenai kesehatan mental Anda. Jadi lebih baik cari terapis yang berbeda sampai benar-benar tepat untuk menyelesaikan masalah Anda.

Jenis-jenis psikoterapis yang terbukti efektif

Penggunaan jenis psikoterapis tergantung dari terapis. Saat Anda akan melakukan psikoterapis, terapis mempertimbangkan terlebih dahulu situasi dan preferensi khusus untuk menentukan pendekatan mana yang terbaik. Bahkan ada beberapa terapis yang menggunakan kombinasi teknik untuk menangani banyak kasus. Sebenarnya ada beberapa jenis psikoterapis dimana beberapa diantaranya terbukti efektif seperti:

  • Terapi perilaku dialektik merupakan terapi yang mengajarkan keterampilan perilaku untuk mengatasi stress, meningkatkan hubungan dengan orang lain, dan mengelola emosi.
  • Terapi penerimaan dan komitmen merupakan terapi yang membantu untuk menyadarkan Anda dan mampu membuat Anda menerima pikiran serta perasaan. Terapi ini mengharapkan hasil akhir agar Anda bisa meningkatkan kemampuan untuk mengatasi dan menyesuaikan diri dengan situasi yang ada. Selain itu juga bertujuan untuk membuat Anda melakukan perubahan positif.
  • Terapi perilaku kognitif (CBT) merupakan terapi untuk mengidentifikasi keyakinan dan perilaku yang tidak sehat serta negatif. Harapannya setelah melakukan terapi ini seseorang bisa mengganti perilaku negatif dengan perilaku yang positif dan sehat.
  • Psikoterapi suportif merupakan teknik terapi untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola situasi sulit sehingga masalah stress bisa teratasi.
  • Psikoterapi interpersonal merupakan terapi yang fokus pada penanganan masalah Bungan dengan orang lain untuk meningkatkan keterampilan bagaimana cara berhubungan dengan orang lain baik keluarga, teman, maupun rekan kerja.
  • Terapi psikodinamik dan psikoanalisis merupakan terapi yang berfokus pada peningkatan kesadaran pikiran dan perilaku alam bawah sadar. Terapi ini mampu membuat Anda termotivasi untuk menyelesaikan konflik.